Saturday, November 7, 2009

Binatang kecil

Mengamati serangga merupakan bagian dari kegiatan anak-anak beberapa hari ini. Beberapa hari yang lalu Kasih menemukan bagian tubuh seekor binatang kecil yang sudah mati di bawah pohon kelapa. Dia mencoba menebak, jenis binatang apa itu. Tubuhnya terdiri atas dua segmen (bagian) dan memiliki dua pasang kaki. Awalnya dia menebak binatang itu adalah kumbang (bug). Dia mencari di internet gambar-gambar kumbang yang serupa dengan serangga yang ditemukannya, tapi tidak ada satu pun yang mirip dengan binatang itu.



Kemudian kami keluar dari rumah, dan mencari-cari di tempat serangga itu ditemukan, apakah ada segmen (bagian tubuh) dari serangga itu yang masih tertinggal, atau masih ada teman-temannya yang berkeliaran di tempat itu. tetapi tidak satu pun tanda-tanda adanya kumbang yang demikian hidup di tempat itu. (Agak kecewa juga dia).

Ketika melewati sebatang pohon kelapa lain, kami melihat ke atas, dan melihat bahwa pohon kelapa itu memiliki bunga, dan di sekitar bunga kelapa itu terbang beberapa ekor lebah. Kami mulai memperhatikan dari jauh, dan mencocokkan ciri-ciri lebah-lebah itu dengan binatang yang kami temukan. Ternyata sebagian besar cocok, walaupun ada beberapa bagian yang tidak dapat diidentifikasi karena hilang. Akhirnya Kasih menyimpulkan bahwa serangga yang ditemukannya itu adalah lebah, yang telah kehilangan kepala, sayap, dan sepasang kakinya.



Menurut Kasih, topik pelajaran sains hari itu adalah salah satu topik yang menyenangkan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...