Saturday, June 13, 2009

Belajar Memasak


Anak-anak senang mengeksplorasi dan mencoba hal-hal baru. Kadang-kadang, ketika mereka bosan melakukan hal-hal yang itu-itu saja, kita perlu mencari kegiatan baru yang membuat mereka tetap bersemangat.


Ketika anak-anak lapar dan makanan tidak sesuai dengan selera mereka, saya mengajak mereka memasak makanan bersama-sama. Kegiatan ini langsung disambut dengan antusias oleh mereka.Saya menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, lalu meminta mereka menyiapkan peralatan memasak. Saya mendapat bagian memotong-motong sayur, kakak memasukkannya ke dalam wajan/kuali, dan adik mendapat bagian mengaduk-aduk bahan makanannya hingga matang.


Bagian ini yang paling seru. Ketika masakan sudah matang, mereka berebut untuk memasukkannya ke dalam mangkuk. Bayangkan dapur yang berlepotan sayur ketika adik berusaha menuangkan sayur ke dalam mangkuk dan beberapa sayur tumpah ke atas kompor dan lantai.


Setelah masakan siap, mereka memang sudah lapar sekali. Dengan lahap mereka menyantap makanan yang telah mereka masak tadi. Saya pun gembira, karena tidak perlu usaha keras untuk menyuruh mereka makan siang ini.


Pelajaran memasak membuat saya berpikir untuk mencari ide masakan yang akan dimasak berikutnya. Ada yang bisa memberi saran? :-)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...