Sunday, September 12, 2010

Belajar Sambil Mandi: Belajar Tentang Warna



Saat-saat mandi merupakan saat yang sulit bagi saya, karena Anugrah sering menolak untuk mandi dengan berbagai alasan. Sering kali kemarahan yang muncul ketika berkali-kali mengajaknya mandi tetapi Anugrah lebih suka melakukan hal lain.

Saya berusaha memutar otak agar Anugrah mau diajak mandi, dan akhirnya berpikir mungkin dia mau mandi kalau ada hal menarik yang bisa dilakukan sambil mandi.

Anugrah senang dengan buku-buku Winnie The Pooh yang menceritakan tentang warna, dan buku itu memberi ide untuk belajar tentang warna.

Saya menuangkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam mangkuk, dengan menggunakan 3 warna dasar (merah, kuning, dan biru), tapi Anugrah meminta untuk ditambah warna hijau, dan saya mengalah :) supaya dia mau mandi. Kemudian saya sediakan beberapa mangkuk lagi untuk wadah mereka mencampur warna-warna tersebut. Sambil mandi, dia dan kakaknya mencampur warna-warna dasar menjadi warna baru. Saat mandi jadi penuh dengan kegembiraan.

Ketika ditanya warna-warna apa saja yang terjadi ketika warna yang satu dicampur dengan warna yang lain, Anugrah masih kesulitan menjawabnya, baru setelah berkali-kali dicoba, dia mulai menyebutkan warna-warna hasil pencampuran itu.

2 comments:

  1. wah kalo aku mesti bisa belajar bersabar nih kaya Mas....ckkckkk..salut mas..ide kreatif,....

    ReplyDelete
  2. Memang tidak selamanya berhasil, tapi perlu dicoba dan dicoba terus. Salam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...