Sunday, December 18, 2011

Belajar Hukum Newton Pertama

"Bunda, kenapa kalau mobil tiba-tiba berhenti, aku merasa didorong ke depan, dan kalau mobil maju, aku merasa bergerak ke belakang?" tanya Kasih ketika kami sedang berada di perjalanan.

Ayah menjawab, "Itu namanya hukum kelembaman, Kasih." Saya mencoba menjelaskan, "Iya, setiap benda yang diam akan tetap berada dalam posisi diam sampai diberikan gangguan dari luar. Dan setiap benda yang bergerak lurus akan tetap bergerak lurus selama tidak ada gangguan dari luar." Kelihatannya dia bingung dengan penjelasan kami. Lalu dia berkata, "Aku mau mencoba mempertahankan posisiku (berusaha melawan hukum kelembaman)." Dia berusaha bertahan ketika mobil berhenti, dan ternyata sulit sekali. Demikian juga ketika mobil maju, ternyata dia tetap bergerak ke belakang, walaupun sedikit.

Malamnya, sambil membaca buku, kami menonton beberapa eksperimen di youtube, yang membuktikan bahwa hukum kelembaman itu memang benar. Lalu Kasih mencoba melemparkan selembar kertas ke depannya. "Aku ngerti sekarang, kalau kita melempar sebuah benda, benda itu akan tetap bergerak lurus, tapi karena ada gaya gravitasi, dia berbelok ke bawah," kata Kasih. Wah, ternyata dia malah menjelaskan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh saya.

Sumber gambar: di sini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...