Thursday, December 17, 2009

Membuat Kue dan Belajar Matematika








Pekerjaan yang paling tidak saya sukai adalah membuat kue. Menurut saya, lebih baik dan lebih enak membeli kue dan memakannya dalam sekejap, daripada membuatnya. Apalagi kalau ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan, pasti kecewa :(.

Karena saya malas memasak kue, maka saya tidak pernah memasukkan acara memasak kue ke dalam agenda aktivitas anak-anak. Tapi beberapa hari yang lalu saya mulai berpikir untuk mengajak anak-anak membuat kue. Kasihan kan, gara-gara bunda tidak suka memasak kue, anak-anak tidak pernah melihat dan menjalani proses pembuatan kue.

Percobaan pertama adalah membuat kasteengel. Setelah search sana-sini, saya menemukan satu resep yang menurut saya tidak terlalu ribet. Anak-anak yang mendengar berita bahwa kami akan membuat kue kering, bersorak gembira... asyiiik!!

Setelah bahan-bahan disiapkan, Kasih mendapat giliran menimbang bahan-bahan untuk kue. Sambil menimbang, ia belajar membedakan ukuran timbangan gram, ons, dan kilogram. Setelah itu dia mencampur bahan, lalu membentuk kue kastengel sesuai seleranya. Anugrah bertugas menuang bahan ke dalam adonan dan mengolesi loyang dengan margarin.

Setelah dicetak, kue diolesi dengan kuning telur, lalu ditabur dengan keju parut, dan siap dibakar di dalam oven.

Hasilnya? Hmmmm....... yummy!!

Tidak mudah buat saya melakukan suatu hal yang tidak saya sukai, tapi untuk anak-anak, saya siap belajar apa saja, agar mereka juga dapat belajar hal-hal yang baru, dan mungkin saja mereka sukai dan menjadi bagian hidup mereka kelak...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...