Tuesday, January 5, 2010

Belajar Memperbaiki Rumah



Masa kecil saya banyak diisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan pemeliharaan dan perbaikan rumah. Pada saat itu saya banyak mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan seperti memotong kayu dengan gergaji, mengampelas, dan mencat. Saya melihat anak-anak sekarang jarang diekspose dengan kegiatan demikian, oleh karena itu, saya ingin anak-anak kami belajar tentang hal itu juga ketika ada kesempatan.

Kebetulan adik saya dan keluarganya sedang memperbaiki lemari dapur dan mencat dinding dapur mereka. Kami mengajak anak-anak untuk melihat kegiatan yang sedang berlangsung di sana. Keinginan anak-anak untuk memegang kuas dan menyapunya ke atas papan dan dinding begitu kuat, sehingga kotor dan bau cat tidak terasa lagi oleh mereka. Tangan dan kaki Kasih berlepotan cat, tapi dia tetap bersemangat dan tidak mau berhenti membantu.

Mereka juga belajar tentang kerja sama dalam melakukan pekerjaan, dan dengan kerja sama, pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai dari waktu yang diperkirakan. Tentu saja hasilnya memang tidak sempurna, tapi kami semua senang karena bisa belajar hal-hal yang baru secara langsung.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...