Monday, August 1, 2011

Belajar Menulis Angka


Anugrah sekarang berusia 4 tahun 8 bulan. Dia suka bermain, belajar sambil bermain, dan melakukan aktivitas yang disukainya sepanjang hari, yaitu bermain, hehehe...

Tidak seperti anak-anak lain seusianya, sampai saat ini kami belum mengajarkan membaca dan menulis secara intensif. Belajar dilakukan sambil bermain, pada saat dia tertarik, tetapi tidak dipaksakan.

Hari itu Anugrah melihat sebuah easel board (papan tulis yang dapat dihapus dengan cara menarik sebuah alat di bagian bawah papan) kepunyaan sepupunya. Dia melihat alat tersebut bisa ditulisi dan dihapus dengan mudah. Anugrah mencobanya dengan menuliskan angka-angka di papan tersebut, dan dia mencoba menulis angka nol sampai lima. Beberapa kali saya melihat dia menghapusnya, karena ada sedikit kesalahan penulisan. Saya melihat bahwa dia termasuk anak yang perfeksionis, sehingga sedikit kesalahan membuatnya harus mengulang dari awal.

Menarik kesimpulan dari pengamatan itu, akhirnya kami memutuskan untuk tidak membelikan easel board, agar dia belajar untuk percaya diri tanpa harus mengulang-ulang pekerjaannya, walaupun tidak sempurna. Mudah-mudahan keputusan ini yang terbaik buatnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...