Tuesday, August 16, 2011

Manfaat Teman (Ketika Google Error)


Hari itu saya menginstall GIMP untuk editor foto-foto yang diikutsertakan dalam Tantangan Klub Oase. Setelah beberapa waktu saya menginstall, terjadi keanehan pada browser yang biasa saya pakai (Google Chrome dan Mozilla Firefox). Mesin pencari Google, Gmail, Blogspot, dan Google+ tidak bisa dibuka. Pesan yang saya dapat selalu sama: 403-error-forbidden. Tentu saja saya menjadi panik. Bagaimana bisa hal ini terjadi? Bagaimana dengan portofolio anak-anak saya yang saya simpan di blog?

Saya sempat mencurigai GIMP sebagai penyebab kondisi error tersebut. Saya coba uninstall program tersebut, tetapi kondisi tidak membaik.

Saya mencoba mencari tahu penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut di internet. Saya mendapatkan beberapa link dan mengikuti panduan di link tersebut, tetapi tidak berhasil juga. Saya hampir putus asa dan akhirnya pasrah, jika komputer harus di-format ulang dan data-data di blog saya harus terhapus semua.

Dalam keputusasaan akhirnya saya mencoba mengirim pesan ke salah seorang teman yang mengerti tentang software, sambil berdoa semoga beliau dapat menolong saya. Beliau meminta saya mencari lagi dengan keyword alternatif: 403-error-forbidden site:kaskus.us. Setelah masuk ke site tersebut dan membaca beberapa panduan di sana, saya mengikuti salah satunya, yaitu mengganti setting DNS. Ternyata berhasil! Saya bersyukur kepada Tuhan, Google dan blog sudah bisa diakses kembali.

Saya bersyukur memiliki teman banyak, karena dari mereka saya bisa mendapat bantuan dalam kesulitan. Saya berdoa semoga saya juga dapat membantu teman-teman yang membutuhkan pertolongan dengan kemampuan yang saya miliki.

Sumber gambar: dokumen pribadi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...